blog ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Termodinamika
dosen pengampuh : Apit Fathurohman, S.Pd, M.Si.

Rabu, 29 April 2015

suhu kalor dan termodinamika

BAB IV 
SUHU KALOR &TERMODINAMIKA
 alifis@corner --- alifis.wordpress.com 

2.1 PENGANTAR
 Pada bab II kita sudah membahas suhu dan kalor, teori kinetik gas dan Hukum Termodinamika. Kajian suhu dan kalor meliput pengukuran suhu, jenis termometer, pemuaian zat, kekekalan energi kalor, dan perambatan kalor. Teori kinetik gas meliput Gas ideal, distribusi kecepatan partikel gas ideal, hubungan tekanan dengan gerak partikel, persamaan gas ideal dan hubungan antara suhu dengan gerak partikel. Hukum Termodinamika meliput Hukum I Termodinamika, penerapan Hukum I Termodinamika, Efisiensi mesin, Hukum II Termodinamika. Kompetensi yang diharapkan adalah mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep dan formulasi dalam suhu, kalor, teori kinetik gas dan Hukum termodinamika serta mampu menganalisa dan memecahkan persoalan fisika terkait dengan materi di bab ini. 

2.2 URAIAN MATERI 
A. Suhu, Termometer & Pemuaian
 A.1 Pengertian Sifat Termal Zat Sifat termal zat ialah bahwa setiap zat yang menerima ataupun melepaskan kalor, maka zat tersebut akan mengalami : - Perubahan suhu / temperatur / derajat panas. - Perubahan panjang ataupun perubahan volume zat tersebut. - Perubahan wujud.
 A.2 Pengukuran Suhu / Temperatur. 
Alat untuk mengukur suhu suatu zat disebut TERMOMETER. Secara umum ada 3 jenis termometer, yaitu : a. Termometer Celcius, mempunyai titik beku air 00 titik didih air 1000 b. Termometer Reamur, mempunyai titik beku air 00 titik didih air 800 c. Termometer Fahrenheit, mempunyai titik beku air 320 titik didih air 2120


Tidak ada komentar:

Posting Komentar