1.Macromedia Flash
Macromedia
merupakan salah satu perusahaan besar di dunia yang menghasilkan
aplikasi-aplikasi hebat untuk dunia multimedia. Salah satunya yang
banyak dipakai oleh para Multimedia Designer dan Multimedia Developer
untuk merancang suatu interface yang indah dan interaktif adalah
Macromedia Flash, yang merupakan suatu software yang sekarang menjadi
salah satu standar untuk industri multimedia dan telah memperoleh jumlah
pengguna yang cukup besar. Keunikan dan kelebihan Macromedia Flash ini
adalah mampu membuat animasi vektor dan interaktivitas yang sangat
menarik bagi user.
2.Sejarah Singkat Macromedia Flash
Dari
sejarahnya yang panjang hingga versi saat ini, yakni versi CS3 atau
yang lebih dikenal dengan Adobe Flash CS3. Peminat Flash semakin banyak,
hal ini terbukti dengan munculnya berbagai komunitas Flash di Internet
yang bertujuan untuk membahas dan berbagi pengetahuan tentang aplikasi
Flash.
Macromedia
berhasil menciptakan sebuah alat Bantu yang berguna bagi para pembuat
web. Dimulai pada tahun 1996, beberapa program pembantu mulai tersedia
dalam membantu untuk pembuatan gambar animasi dalam bentuk GIF yang
digunakan oleh para pembuat Web. Saat ini pembuatan situs Web biasa
menggunakan program aplikasi Macromedia Flash. Flash mampu membuat
sebuah penyajian hasil produksi kepada para konsumen yang disertakan
kedalam sebuah CD-ROM.
Ketika
Macromedia Flash memberikan kemajuan dan selalu tumbuh dengan
pengaktualisasian softwarenya, maka didapatlah versi terakhir yang lebih
revolusioner, Macromedia Flash 8.
Macromedia
Flash 8 kini mampu berkomunikasi dengan script-script server dalam
program, menggunakan standar variable URL atau struktur XML. Suara yang
dihasilkan dapat diekspor menjadi MP3 dengan kualitas yang tinggi
Walaupun sangat interakitif namun hasil yang didapatkan tetap sebuah
file yang ukurannya sangat kecil, cocok untuk file-file Web.
Pada
sub bab ini penulis akan menjelaskan lingkungan Macromedia Flash yaitu
mengenal perlengkapan pemograman dalam Macromedia Flash.
Keterangan :
A : TimeLine
B : Tools Panel
C : Stage
D : Action Frame
E : Library
F : Properties
Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Macromedia Flash 8 Profesional secara detail :
1.1Timeline
Untuk
melihat ada atau tidaknya objek dalam bentuk frame. Dalam Timeline
dapat juga membuat objek menjadi beberapa lapisan, yang disebut dengan
Layer.
Dalam timeline ada tiga cara memasukkan frame (Insert Frame) selanjutnya, yaitu :
a.Frame :Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam satu ruang lingkup frame sebelumnya.
b.Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
c.Blank Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
Frame
adalah suatu bagian kecil dari animasi yang menampung gambar objek atau
image yang dibuat yang dapat diedit tiap gambarnya. Sedangkan frame
rate per second atau lebih dikenal dengan fps adalah kecepatan frame
film atau animasi perdetiknya. Fps menentukan kecepatan sebuah film atau
animasi bergerak, bila nilai fps-nya kecil maka animasi akan terlihat
seperti bergerak pelan atau tersendat-sendat, dan sebaliknya jika bila
nilai fsp-nya terlalu besar, maka detail animasi akan terlihat kabur.
Kecepatan frame sebesar 12 fps biasanya memberikan hasil terbaik dalam
web, quick time dan file film avi umumnya memiliki kecepatan frame
sebesar 12 fps, sedangkan standar kecepatanfilm sebesar 14 fps.
1.2Tools Panel
Berisi
perangkat yang dapat digunakan dalam stage untuk menggambar, mewarnai,
menggaris, dan sebagainya. Berikut ini adalah perangkat dan kegunaanya :
Tabel 2.1 Tools Panel
Nama
|
Fungsi / Kegunaan
|
Selection Tool
|
Untuk memilih suatu objek atau memindahkannya.
|
Free Transform
|
Untuk mengubah bentuk objek ataupun letak objek.
|
Gradient Transform
|
Untuk mengubah letak warna gradasi pada suatu objek.
|
Line Tool
|
Untuk menggambar sebuah garis.
|
Lasso Tool
|
Untuk menyeleksi objek secara bebas.
|
Pen Tool
|
Untuk menggambar garis secara menhubungkan titik.
|
Text tool
|
Untuk membuat teks.
|
Oval Tool
|
Untuk membuat objek oval (elips ataupun lingkaran).
|
Rectangle Tool
|
Untuk membuat objek kotak (persegi panjang ataupun persegi).
|
Pencil Tool
|
Untuk menggambar objek sesuai dengan garis pensil.
|
Brush Tool
|
Untuk menggambar objek dengan ketebalan garis yang dapat ditentukan sesuai kuas cat.
|
Ink Bottle Tool
|
Untuk mewarnai sebuah garis.
|
Paint Bucket Tool
|
Untuk mewarnai sebuah objek
|
Eyedropper Tool
|
Untuk mengambil warna sampel dari warna yang sudah ada.
|
Eraser Tool
|
Untuk menghapus suatu garis ataupun objek.
|
1.3Stage
Merupakan
tempat kerja yang dapat diisi layaknya secarik kertas, biasanya stage
dapat digunakan dengan menggunakan tool-tool yang ada di dalam Tools
Panel.
1.4Actions Frame
Suatu
fasilitas tambahan dari Flash berupa action script atau listing program
yang dapat kita gunakan untuk menambah interaktivitas suatu objek
tombol ataupun gambar.
Sebelum
melakukan penerapan pemrograman ActionScript, maka ada beberapa sintaks
pemrograman dasar yang perlu diketahui, antara lain :
a.Goto
Merupakan
pernyataan percabangan bahasa pemrograman umum. Penerapan sintaks ini
sering dilakukan pada frame pada timeline. Sintaks goto pada prakteknya
sering dirangkai bersama pernyataan Play atau Stop. Apabila Macromedia
Flash 8 menemukan sintaks ini pada frame atau item animasi maka kendali
program akan melompat ke nomor frame yang ada pada sintaks.
Bentuk penulisan:
gotoAnd{Stop/Play} (“target”)
Merupakan pernyataan pilihan, bisa dipilih salah satu. Target dapat berupa Number, Label, yaitu nomor frame yang dituju.
Contoh penerapan :
·Target Number Frame
gotoAndStop (17);
artinya program akan melompat ke frame 17 dan akan berhenti.
gotoAndPlay (1);
artinya program akan melompat ke frame 1 dan akan berjalan.
·Target Label Frame
Label
yaitu apabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame
Properties, maka target dapat dilakukan pada label dari suatu
frame/keyframe.
gotoAndStop (mulai);
artinya program akan melompat ke frame yang bernama mulai dan akan berhenti.
gotoAndPlay (home);
artinya program akan melompat ke frame yang berlabel home dan akan berjalan.
b.Play
Sintaks
ini adalah pernyataan umum yang berfungsi untuk menjalankan animasi.
Secara otomatis, animasi ini akan dijalankan apabila dalam frame
tersebut terdapat sintaks ini
Bentuk penulisan:
play();
c.Stop
Sintaks
ini adalah pernyataan umum yang sama dengan sintaks play, namun sintaks
ini adalah kebalikannya, dimana animasi ini akan dihentikan secara
otomatis apabila dalam frame tersebut terdapat sintaks ini
Bentuk penulisan:
Stop();
d.TellTarget
Sintaks
ini sangat berguna untuk menggontrol navigasi. Bila sebuah tombol
memiliki sintaks tellTarget maka kita bisa memerintahkan kepada tombol
tersebut untuk memulai atau menghentikan sebuah movie dimanapun movie
itu berada.
Bentuk penulisan:
tellTarget (target) {
statement;
}
e.Stop All Sound
Sintaks ini dipakai pada animasi yang melibatkan suara. Apabila menemukan sintaks ini maka semua item suara akan dihentikan.
Bentuk penulisan :
stopAllSounds ();
f.Mouse Event
Mouse
event adalah salah satu event handler yang dimiliki Flash. Event
menandakan suatu kejadian yang terjadi, yang diberlakukan khususnya pada
objek tombol (button). Event handler tidak ada artinya jika tidak
diikuti perintah lainnya.
Bentuk penulisan :
on(mouseEvent) {
Statement;
}
Misalnya seperti pada contoh berikut ini :
on (press) {
gotoAndPlay (2);
}
Event
on (press) menerangkan apa yang akan terjadi saat tombol dikenai event
tertentu, yaitu press, dimana user sedang menekan tombol kiri mouse.
Dalam contoh di atas memerintahkan untuk memainkan movie mulai frame 2.
1.5Library
Merupakan
suatu tempat penyimpanan objek yang telah dibuat atau dikonversi ke
dalam bentuk simbol. Dalam Library ada 3 jenis simbol, yaitu Movie Clip,
Button, dan Graphic.
Setiap
kali simbol dibuat, simbol tersebut akan berada di dalam Library Panel.
Dalam movie yang cukup besar, jumlah simbol yang digunakan akan sangat
banyak. Library berguna untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam
susunan yang memudahkan dalam penggunaannya. (Untuk membuka Library,
pilih Window > Library atau Ctrl+L.
a.Pengertian Simbol dan Instance
Flash
memiliki kelebihan yaitu dapat memakai objek-objek yang digunakan
berulang-ulang (reuseable) sehingga dapat memperkecil ukuran file Flash
yang dihasilkan. Penggunaan objek yang sama ini juga akan memudahkan
editing pada movie. Objek induk dinamakan Simbol dan kloning dari objek
itu disebut Instance.
Simbol dan instance memiliki karakteristik yang unik:
·Dari sebuah simbol dapat dibuat bermacam-macam instance yang berbeda, misalnya dalam hal ukuran, rotasi, atau transparansi.
·Tiap
instance memiliki “sifat bawaan” dari simbol sehingga bila simbol
diubah, semua instance akan terpengaruh. Misal-nya simbol diubah menjadi
biru, maka semua instance berwarna biru.
b.Membuat dan mengedit Simbol
Untuk
membuat simbol, pilih pada menu Insert > New Symbol untuk membuat
simbol baru. Kemudian tentukan behavior dari simbol. Tiap simbol
memiliki perilaku atau behavior tersendiri, yaitu bagaimana simbol
tersebut akan berperilaku dalam movie. Ada tiga macam behavior, yaitu :
·Movie
Clip:Simbol ini merupakan rangkaian gambar di dalamnya (seperti film).
Secara default, objek tersebut akan dimainkan berulang-ulang.
·Button :Simbol ini berfungsi sebagai tombol yang dapat diklik.
·Graphic:Simbol ini berupa gambar.
Gambar
yang sudah jadi juga dapat diubah menjadi simbol. Pilih gambar di stage
kemudian dari menu bar pilih Insert > Convert to Symbol.
Untuk
mengedit simbol, klik dua kali pada gambar simbol di Library Panel atau
klik dua kali pada gambar instance di stage. Sedangkan untuk membuat
instance, seret (drag) gambar simbol dari Library ke stage.
2.5.1.Properties
Merupakan sebuah panel yang dapat digunakan untuk mengatur properti sebuah objek (Teks, Gambar, Animasi) yang ada pada stage.
klik untuk mendownload
http://www.4shared.com/file/IBR937zh/MACROMEDIA_FLASH_8.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar