blog ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Termodinamika
dosen pengampuh : Apit Fathurohman, S.Pd, M.Si.

Jumat, 06 Maret 2015

alamat untuk animasi fisika

dalam dunia pendidikan saat ini kita memerlukan banyak informasi dan juga harus bisa bersaing dengan negara lain. ada banyak cara untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, salah satunya bisa dengan memberikan contoh animasi agar mereka bisa lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran. karena hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh bagaimana cara penyampaian materi tersebut yang diberikan oleh guru. pada blog ini, saya akan menyajikan beberapa alamat yang bisa dilihat untuk mendowload animasi,

ANIMASI FISIKA
1. Physics.org
 
Pada alamat web http://www.physics.org/, situs ini mempunyai kelebihan tersendiri dalam menyampaikan dan menanyangkan berbagai informasi yang berkenaan dengan pelajaran fisika. Situs ini dilengkapi dengan menu home, explore, discover, study, careers, dan physisc news.
Pada menu home, terdapat tampilan umum mengenai isi situs tersebut.
Pada menu explore (menjelajahi), menampilkan kolom searching untuk mencari database situs tersebut dengan memilih sendiri materinya maka situs ini langsung akan loading untuk menelusuri kata kunci yang diisi pada kolom tersebut.
Pada menu discover (menemukan), menayangkan tentang apa yang telah di temukan situs tersebut, misalnya menemukan fisika yang ada di sekitar kita, dan kita dicoba untuk mengamati sendiri di mana beberapa fisika dalam kenyamanan rumah kita sendiri atau saat kita berada di luar dan sekitar, selain itu situs ini menyampaikan yang bersangkutan dengan materi mekanika kuantum dll.
Pada menu study, bagian ini kita disarankan untuk ikut belajar secara online, kita diminta untuk mencari saran dan informasi tentang studi fisika di sekolah atau universitas. Jika kita telah memutuskan bahwa kita ingin belajar fisika di universitas, maka dapat menggunakan My Fisika Course, daftar komprehensif dari program fisika universitas, untuk menemukan studi yang tepat.
Pada menu careers, menampilkan bahwa fisika adalah rute untuk begitu banyak karir, dari memprediksi perubahan iklim untuk merancang game komputer, dll.
Pada menu physics news, menampillkan tentang berita terbaru mengenai cerita fisika terbaru dari seluruh dunia web yang luas. Misalnya: Mata menginspirasi pengolahan data fisika partikel baru, cara mata memproses informasi telah mengilhami algoritma baru yang dapat mengolah data 400 kali lebih cepat dari sebelumnya.
Sumber:
http://cobaberbagi.wordpress.com/2010/01/17/daftar-website-fisika-populer/
http://edukasi.net.com
http://www.physics.org/




PhET Interactive Simulations

Pada alamat web http://phet.colorado.edu/, tidak terdapat menu khusus melainkan hanya memilh animasi-animasi fisika seperti gambar di atas, misal: bandul pegas, rangkaian listrik sederhana, gelombang, dll. Situs web ini banyak memaparkan tentang ilmu interaktif simulasi yang berbasis penelitian fenomena fisik dari proyek PhET ™ di University of Colorado.
Sumber:
http://cobaberbagi.wordpress.com/2010/01/17/daftar-website-fisika-populer/
http://edukasi.net.com
http://phet.colorado.edu/

The Physics Classroom




Pada web  http://www.physicsclassroom.com/ terdapat menu-menu seperti tutorial kelas fisika, fisika interaktif, multimedia fisika, dan lain-lain. Jika kita mengklik menu fisika interaktif maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:


Terdiri dari topik-topik yaitu kinematika 1 dimensi, hukum gerak newton, vektor gerak peluru dan gerak 2 dimensi, momentum dan tumbukan, usaha dan energy, gerak melingkar dan gravitasi, listrik statis, listrik dinamis, gelombang dan bunyi, refleksi dan cermin, refleksi dan lensa.
Lalu klik visit pada materi yang kita inginkan misalnya kinematika 1 dimensi maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:



Setelah melakukan langkah tersebut akan muncul menu-menu seperti pada gambar di atas, misalkan kita meng-klik lesson1 : e. kecepatan maka akan muncul gambar di samping, setelah itu klik animation maka akan muncul animasi seperti gambar di bawah







Selain yang di tampilkan animasi ada juga penjelasan materinya serta ada pertanyaan yang terkait beserta jawabannya. Website ini gratis tapi tidak dapat di download.
Sumber:
http://www.physicsclassroom.com/
http://www.physicsclassroom.com/Physics-Interactives
http://www.physicsclassroom.com/Physics-Tutorial/1-D-Kinematics
http://www.physicsclassroom.com/class/1DKin/Lesson-1/Acceleration
http://www.physicsclassroom.com/mmedia/kinema/acceln.cfm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar